Minggu, 01 April 2018

Penyebab Mata Bengkak pada Anak dan Cara Mengatasinya

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

difteri-pada-bayi-doktersehat

DokterSehat.Com– Mata bengkak merupakan salah satu gangguan yang sering terjadi pada anak. Sebagian besar mata bengkak bukan merupakan kondisi yang berbahaya, namun jika tidak ditangani dengan benar hal ini dapat menyebabkan iritasi dan gangguan kesehatan mata.

Penyebab mata bengkak pada anak

Mata bengkak pada anak, khususnya balita, bisa membuat anak rewel. Hal ini kadang membuat orang tua resah karena anak tidak bisa menceritakan dengan jelas apa yang ia rasakan kemungkinan penyebabnya. Dilansir dari New Kids Center, beberapa penyebab mata bengkak yang sering terjadi pada anak antara lain:

1. Alergi
Alergi diketahui dapat menyebabkan berbagai masalah, salah satunya adalah mata bengkak. Beberapa penyebab alergi antara lain asap rokok, debu, bulu hewan peliharaan dan antibiotik. Umumnya reaksi alergi sangat cepat, jika anak baru saja terjadi kontak dengan pencetus alergi, maka kemungkinan ia mengalami alergi.

2. Gangguan saluran air mata
Sekitar 20 persen bayi yang baru lahir mengalami sumbatan saluran air mata. Hal ini selain dapat menyebabkan mata bengkak juka dapat menyebabkan mata merah, berkerak dan bengkak.

3. Menangis
Menangis juga dapat menyebabkan mata bengkak. Jika mata anak bengkak setelah menangis, maka Anda tidak perlu khawatir karena dapat reda dengan sendirinya.

4. Gigitan serangga
Gigitan serangga seperti lebah maupun serangga berukuran kecil lainnya dapat menyebabkan mata bengkak. Waspadalah ketika mengajak anak bermain di luar rumah atau berada di tempat umum seperti taman yang memungkinkan anak kontak dengan serangga.

5. Konjungtivitis
Kadang anak dapat mengalami infeksi saat lahir yang menyebabkan masalah mata yang dikenal dengan istilah konjungtivitis bakteri. Salah satu gejala konjungtivitis adalah mata merah dan bengkak.

Cara mengatasi mata bengkak pada bayi

Untuk mengatasi mata bengkak pada bayi, Anda bisa memberinya obat tetes mata sesuai rekomendasi dokter. Hindari menggunakan obat tetes mata untuk dewasa atau obat mata yang beredar di pasaran jika belum mengetahui penyebab pasti dari mata bengkak pada anak. Selain itu jaga selalu kebersihan tangan dan hindari kebiasaan mengucek mata dengan tangan kotor. Periksakan ke dokter mata jika mata bengkak tidak berkurang selama beberapa hari.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda