Minggu, 01 April 2018

Mengatasi Anus Terasa Panas Karena Makan Pedas

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-hemoroid

DokterSehat.Com– Masyarakat Indonesia dikenal luas sebagai pecinta makanan pedas. Banyak orang yang bahkan mengaku masakan yang tidak pedas terasa kurang mantap dan cenderung hambar. Sayangnya, mengonsumsi makanan pedas bisa membuat anus terasa panas tatkala buang air besar.

Dikutip dari Men’s Health, meskipun terlihat wajar, dalam realitanya sebagian orang mengaku tersiksa dengan sensasi panas pada anus saat dan setelah buang air besar. Menurut pakar kesehatan Luigi Basso, M.D., dari University of Rome, Italia, kandungan makanan yang membuat kita merasakan sensasi pedas ternyata tidak akan benar-benar diserap oleh tubuh sehingga membuatnya tetap dalam kondisi panas dan pedas sesampainya di anus tatkala buang air besar.

Kondisi anus yang panas ini sangatlah wajar terjadi pada setiap orang. Hanya saja, bagi mereka yang mengalami masalah irritable bowel syndrome, wasir, atau gangguan pencernaan lainnya, rasa sakit akibat sensasi panas dan pedas ini bisa lebih menyiksa.

Lantas, apakah hal ini berarti ada baiknya kita tidak lagi mengonsumsi makanan pedas demi mencegah masalah anus terasa panas saat buang air besar? Pakar kesehatan Brook Cash, M.D., dari University of Alabama, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa ada baiknya kita berhati-hati jika mengonsumsi makanan berlemak yang pedas. Sebagai contoh, sayap ayam yang kaya akan lemak akan memicu iritasi pada anus menjadi lebih parah.

Jika sensasi pedas dan panas ini terus saja muncul, pastikan untuk membersihkan anus dengan sabun dan air hangat. Dengan melakukannya, maka kita akan menghilangkan kandungan yang memicu rasa panas pada anus dengan efektif.

Yang menarik adalah, menurut pakar Sutep Gonlachanvit, M.D., dari Chulalongkorn University in Bangkok, Thailand, ada baiknya kita terus mengonsumsi makanan pedas selama tiga minggu berturut-turut sehingga membuat pencernaan kita lebih terbiasa pada sensasi pedas ini sehingga tidak akan memicu gejala seperti anus yang panas dan pedas.

Kalau Sobat Sehat suka tidak dengan makanan pedas?



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda