Minggu, 01 April 2018

3 Hal Penting Dalam Pemberian Porsi Makan Bayi

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

anak-makan-doktersehat
Photo Credit: flickr/ mliu92

DokterSehat.Com– Seberapa banyak porsi makanan untuk bayi yang Anda berikan? Pemberian makan untuk bayi yang terlalu sedikit tentu membuat bayi kekurangan asupan gizi, sedangkan terlalu banyak bisa menyebabkan bayi menjadi kegemukan. Lalu apa saja yang perlu diperhatikan sebelum menentukan berapa porsi makanan pada bayi?

Setelah melewati usia 6 bulan, maka bayi sudah mulai mengenal MPASI. Umumnya kita tentu merasa bersemangat dalam memberikan makanan pada bayi, namun perlu diingat bahwa ada cukup banyak hal yang perlu diperhatikan pada bayi, salah satunya adalah porsi atau seberapa banyak bayi harus makan.

Pedoman Gizi Seimbang untuk pemberian makanan bayi di Indonesia menganjurkan pemberian jumlah makanan bayi sesuai dengan usianya, yaitu mulai dari 2-3 sendok makan, ¼ mangkuk, hingga ¾ mangkuk setiap kali makan utama yang disesuaikan dengan usia bayi.

Mengapa harus demikian?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengapa kita perlu memberikan porsi makanan bayi sesuai usianya, yaitu:

  • Ukuran lambung bayi

  • Beberapa asosiasi kesehatan menggambarkan bahwa lambung bayi sangat kecil, perubahan ukuran mulai baru lahir diibaratkan sebesar kelereng, bola ping-pong, telur hingga bola tenis. Hal ini yang perlu diperhatikan dalam memberikan porsi makan bayi, ukuran lambung bayi pada usia 6 bulan tentu tidak sama dengan bayi berusia 12 bulan. Pemberian makan yang terlalu banyak akan membuat lambung bayi bekerja lebih keras.
  • Fungsi pencernaan bayi

  • Pencernaan bayi tentu masih berkembang sesuai dengan usianya, sama dengan ukuran lambung bayi, pencernaan bayi baru bisa mencerna dengan baik jumlah makanan yang sesuai dengan usia bayi. Untuk itu kita tidak boleh berlebihan dalam memberikan porsi makan bayi.
  • Kebutuhan gizi bayi

  • Asupan makanan bayi yang terlalu banyak akan memberikan terlalu banyak kalori pada tubuh bayi, hal ini akan menyebabkan bayi mengalami kegemukan atau obesitas. Sedangkan porsi makan pada bayi yang terlalu sedikit menyebabkan kebutuhan gizi bayi tidak terpenuhi.

Nah, itu mengapa kita perlu memerhatikan porsi makanan bayi dan memberikannya sesuai usia, pemberian porsi yang tepat tentu akan mendukung tumbuh kembang bayi yang optimal,kan?



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda