Minggu, 01 April 2018

4 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Penderita Obesitas

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

manfaat-berenang-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Olahraga dilakukan untuk membuat tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Selain itu, olahraga jaga baik untuk menurukan berat badan sehingga dapat mencegah penyakit kelebihan berat badan seperti obesitas. Olahraga memang banyak jenisnya dan bisa dilakukan oleh siapa saja, baik pria maupun wanita, anak-anak maupun dewasa.

Photo Credit : pexels.com

Namun, bagi penderita obesitas, tidak semua jenis olahraga bisa mereka lakukan. Salah satu contohnya adalah lari. Penderita obesitas sangat tidak dianjurkan untuk berolahraga lari karena dapat merusak sendi. Lutut mereka tidak bisa menopang beban tubuh yang dua kali lipat, beratnya. Selain itu, mereka juga akan berisiko terkena penyakit tulang. Alih-alih mendapatkan mendapatkan manfaat dari olahraga yang mereka lakukan, justru malah membuat mereka dalam keadaan bahaya.

Akan tetapi, masih ada beberapa jenis olahraga yang bisa mereka lakukan dan tidak membahayakan kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Berjalan Kaki

Berjalan kaki adalah pilihan olahraga pertama yang bisa dilakukan oleh Anda penderita obesitas. Olahraga ini sangat mudah dilakukan dan bisa membakar banyak kalori dalam tubuh. Disamping itu, sendi-sendi Anda akan tetap terjaga dan tidak rusak. Anda bisa berjalan kaki mengelilingi halaman rumah atau berjalan kaki mengitari kompleks rumah Anda.

2. Senam

Senam merupakan jenis olahraga yang sangat mengasyikkan. Olahraga ini umumnya dilakukan secara berkelompok. Keuntungan dari berolahraga secara berkelompok adalah Anda bisa lebih bersemangat. Selain itu, olahraga secara berkelompok juga akan membuat Anda dan teman-teman saling termotivasi sehingga Anda akan lebih konsisten dalam melakukan olahraga dan menurunkan berat badan.

3. Berenang

Berenang yang merupakan jenis olahraga kardio ini juga sangat cocok untuk Anda yang sedang mengalami obesitas, karena saat berenang berat badan Anda akan ditopang oleh air. Berenang juga akan membuat otot-otot Anda bekerja, sehingga Anda akan mengeluarkan banyak tenaga. Dengan demikian, kalori dalam tubuh Anda akan berkurang. Dengan berenang, Anda bisa membakar sekitar 493 kalori. Selain itu, rajin berenang juga akan membuat jantung Anda tetap sehat.

4. Bola Pilates

Jika Anda berniat untuk pergi ke pusat keugaran, ada baiknya Anda mencoba berolahraga dengan menggunakan bola pilates. Bola besar ini akan membantu Anda untuk membakar lemak pada bagian perut sekaligus untuk membentuk otot. Yang harus Anda lakukan hanyalah meletakkan kedua kaki Anda diatas bola pilates, lalu Anda bisa sit up selama yang Anda bisa.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda